Hari Rabu adalah hari kesayangan saya. Tidak tahu persis mengapa atau bermula bagaimana. Seperti juga angka sembilan. Yang biasanya saya tunjuk ketika diberi pilihan. Mungkin karena ini juga nomor kesayangan pesepak bola Italia, Vincenzo Montella (love you!).
Dulu, di depan layar televisi, saya biasa mencari kaus bernomor punggung sembilan. Nomor sembilan biasanya merentangkan kedua tangan lebar-lebar sambil berlari untuk merayakan gawang lawan yang jebol. Seperti pesawat terbang.
Sewaktu Batistuta datang ke AS Roma dan meminta nomor punggung 9, Montella menolaknya mentah-mentah. Batistuta harus puas dengan nomor punggung 18. Sayangnya, ketika Montella kembali ke AS Roma setelah dipinjamkan ke Sampdoria, nomor 9-nya sudah keburu disandang Vučinić. Jadi Montella pun mengambil nomor punggung Vučinić: 23.
Terlepas dari itu semua, hari ini adalah hari Rabu tanggal sembilan, bulan sembilan, tahun dua ribu sembilan. Sejak bangun tidur tadi pagi, saya sudah tahu bahwa hari ini akan istimewa. Tidak perlu ‘sempurna’, tetapi pasti akan ‘istimewa’. Rasanya seperti firasat.
Kebetulan, beberapa hari lalu, saya dikontak Lisa Siregar, seorang jurnalis dari Jakarta Globe. Kami berjumpa di Twitter karena sama-sama punya ketertarikan terhadap proyek ‘A Day on the Planet‘: merekam momen pribadi orang-orang di seluruh dunia pada tanggal sembilan, bulan sembilan, tahun dua ribu sembilan, dalam satu halaman A4, untuk kemudian dibukukan.
Salah satu pertanyaan Lisa kepada saya adalah: “Are you planning to do something special on September 9?”
Saya katakan kepada Lisa, bahwa saya belum punya rencana apa-apa. Saya juga masih belum tahu apakah saya perlu melakukan sesuatu yang ‘spesial’ or to just let the moment flows naturally.
Ternyata saya memilih yang belakangan.
Saya tahu bahwa hari ini akan menjadi istimewa ketika saya menemukan sebuah novel di Amazon. Judulnya The Greatest Thing After Sliced Bread. Penulisnya Dan Robertson.
Pada salah satu halamannya, Morris Bird III yang berusia sembilan tahun bercakap-cakap dengan anak perempuan yang ditaksirnya, Suzanne Wysocki.
“I don’t think much about dying.”
— “You should,” said Suzanne.
— “Because it’s going to happen to you.”
Kalimat ini mengendap di benak saya hingga siang tadi. Saya dan kawan saya baru saja pulang dari sebuah rapat. Begitu mobil kami melewati apotik Senopati, kawan saya memekik dan berkata,”Aduh, gue nggak tega lihat orang tua itu. He looks exactly like my father when he’s dying…”
Saya yang duduk menghadap kawan saya dan membelakangi jendela, tidak sempat melihat dengan jelas. Rupanya ada seorang kakek yang terduduk di pinggiran trotoar. Dan kawan saya menggambarkannya seekstrim itu. He looks exactly like my father when he’s dying.
Mengingat salah seorang rekan kami di kantor bertempat tinggal tak jauh dari apotik Senopati, kawan saya itu pun berniat ‘menitipkan’ sesuatu untuk si kakek. Apa saja. “Seharusnya orang setua itu ada yang ngurusin,” ujar kawan saya, sedih bercampur geram.
Dying. Sudah dua kali hari ini.
Saya ingat, beberapa waktu lalu, saya dan seorang sahabat lama berbincang mengenai sepuluh hal yang ingin kami lakukan sebelum kami meninggal dunia. Kami sama-sama berhenti di nomor lima.
Tepatnya, saya sempat berhenti di nomor lima, kemudian memaksakan diri menulis sesuatu di urutan 6.
Saya tidak yakin saya sungguh-sungguh menginginkannya. Saya tuliskan sebaris kalimat hanya untuk mengisi titik-titiknya.
Hari ini, saya memandangi daftar permohonan itu kembali. Memandangi urutan 1 sampai 5. Urutan nomor 6 yang ‘terpaksa’. Dan urutan 7 sampai 10 yang tidak terisi. Saya tak bisa ungkapkan di sini apa saja permohonan saya, tetapi secara acak melibatkan kata-kata berikut: aurora, kafe di negeri yang jauh, sebuah novel, pesawat tempur, musim gugur, dan sebuah perjalanan.
Lalu saya melihat daftar permohonan sahabat saya di atasnya. Dengan nomor 6 sampai 10 yang masih berupa titik-titik. Dan saya melihatnya. Saya mengerti.
Ini seperti sebuah aha-moment, atau apalah namanya. Ternyata 10 permohonan memang terlalu banyak jika hanya ditujukan untuk diri sendiri.
Mungkin sebenarnya saya cukup meminta dua atau tiga untuk saya pribadi, lalu mengalokasikan yang empat sampai sepuluh untuk orang lain. (Tak lupa menyisakan satu dari tujuh untuk binatang-binatang. Dan satu dari enam untuk tumbuh-tumbuhan.)
Dan jika titik-titiknya tetap tidak terisi juga, biarkan saja. Sometimes, we don’t really need to fill in the dots. Mungkin memang belum waktunya. Sebagaimana cinta yang belum saatnya: terkadang hanya bisa mengisi sela-sela jari, dan bukan sela-sela hati.
Dan memang tidak ada hari yang lebih istimewa dari hari-hari ketika kita bisa mempelajari sesuatu yang baru, tentang diri sendiri.
Euforia Asian Games 2018 kemarin memang masih terngiang di benak masyarakat Indonesia.
Denpasar, NusaBaliTerlebih setelah Indonesia berhasil menduduki posisi 4 besar dibawah negara China, Jepang dan juga Korea Selatan. Bagaimana tidak senang? Ini merupakan capaian diluar target dimana Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menargetkan Indonesia meraih peringkat 10 besar.
Namun, sungguh “lancang” para atlet Indonesia, mereka berhasil membawa Indonesia pada peringkat 4 pada acara yang sangat bergengsi di Asia tersebut setelah sebelumnya Indonesia hanya menduduki peringkat 17 pada tahun 2014 dalam Asian Games yang diselenggarakan di Korea Selatan. Tentu saja, hal ini tak lepas dari Indonesia sebagai tuan rumah pada tahun ini dimana semangat para atlet tentunya lebih terpompa saat bermain di rumah sendiri. Tak hanya dalam hal prestasi, semarak kemeriahan nya pun sudah terasa saat Opening Ceremony Asian Games (18/8) kemarin. Acara yang diadakan di Gelora Bung Karno (GBK) tempo hari menuai decak kagum tidak hanya dari dalam negeri namun juga mancanegara.Mulai dari adegan Jokowi mengendarai motor gede ketika memasuki Stadion GBK, penampilan para artis dan pertunjukan kebudayaan yang mencerminkan pada Dunia tentang bagaimana Indonesia sesungguhnya. Tidak sampai disana, para atlet pun turut bersumbangsih dalam laga yang bisa dikatakan mempersatukan masyarakat Indonesia ini.
Banyak nya medali yang diraih serta momen dipersatukannya dua tokoh politik, Jokowi dan Prabowo oleh atlet pencak silat Hanifan Yudani. Ketiganya berpelukan dalam balutan bendera Merah Putih setelah Yudani berhasil menyabet medali emas dalam partai final pencak silat. Closing Ceremony (2/9) kemarin pun tak kalah meriah. Meskipun dari skala kemewahan lebih kecil jika dibandingkan dengan Opening Ceremony, hal itu tak jadi masalah karena memang fokus daripada Closing Ceremony ialah bentuk apresiasi kepada para atlet dari setiap negara sekaligus selebrasi atas suksesnya acara Asian Games tahun 2018 ini.
Dari sederetan hal-hal menakjubkan tadi, ada satu hal menarik yang menyita perhatian saya ketika menonton Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018. Tentu nya ini bukan kritik ngawur ngidul seperti yang warganet katakan prihal Stuntman Jokowi maupun lip-sync para artis ketika perform di atas panggung.
Terlepas dari kritikan-kritikan tersebut, saya pribadi merasa bangga dengan apa yang telah Indonesia tunjukan kepada Dunia bahwa Indonesia adalah negara yang besar yang memiliki jutaan potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Nah, hal yang menarik perhatian saya ialah lagu Garuda di Dadaku yang dikumandangkan dalam beberapa kesempatan saat Opening dan Closing Ceremony.
Saat Opening ceremony lagu tersebut dikumandangkan setelah parade kebudayaan dan ketika Closing ceremony lagu tersebut tepat di nyanyikan di akhir acara. Dalam acara apapun khususnya dalam acara olahraga, ketika lagu Garuda di Dadaku dinyanyikan saya langsung teringan akan sebuah pernyataan yang jujur saya lupa dimana saya mendengar pernyataan tersebut. Pernyataan nya seperti ini “ketika orang-orang lebih memilih menyanyikan lagu Garuda di Dadaku daripada lagu Garuda Pancasila” Sejak saat itu, kata-kata tersebut terus merasuk dalam diri saya. Benar saja, sejak mendengar pernyataan tersebut, pandangan saya ketika mendengar orang-orang menyanyikan lagu Garuda di Dadaku pun mulai bergeser. Dari yang awalnya senang menyanyikan lagu tersebut sekarang tetap senang hanya saja ada yang mengganjal di pikiran saya. Tanya saya dalam diri“benar juga ya pernyataan itu, kenapa saya tidak pernah mendengar orang-orang menyanyikan lagu Garuda Pancasila saat ada acara olahraga? Mengapa para supporter lebih sering menyanyikan lagu Garuda di Dadaku?? Padahal kan sama-sama berisi kata Garuda”Pertanyaan-pertanyaan tersebut terus menggerogoti otak saya hingga tiba saatnya Indonesia dihadapkan pada sebuah event olahraga Internasional yakni Asian Games itu sendiri. Ini mungkin merupakan momentum dimana saya bisa mencurahkan apa yang selama ini saya resahkan. Dan beruntung nya, keresahan saya benar-benar terjadi pada Asian Games 2018 ini.
Lagu Garuda di Dadaku yang dinyanyikan oleh grup band Netral ini awalnya memang dibuat untuk mengisi soundtrack film dengan judul yang sama. Bak gayung bersambut, lagu mereka pun menjadi salah satu lagu tentang nasionalisme paling fenomenal di Indonesia. Lagu Garuda di Dadaku telah mampu merangkul segenap masyarakat Indonesia untuk larut dalam sebuah rasa persatuan dan kebersamaan. Tak hanya lagu Garuda di dadaku, beberapa lagu bertema nasionalisme pun turut mengambil andil seperti Bendera (Cokelat), Kebyar-kebyar (Gombloh), Merah Putih (Tyas D) dan lain-lain. Lagu-lagu tersebut telah bermetamorfosis menjadi lagu wajib (baca: lagu nasional).
Mengapa saya menggunakan kata metamorphosis? Tentu kita mengetahui bahwa metamorphosis adalah proses perubahan dari ulat menjadi kupu-kupu pada serangga kupu-kupu. Proses ini tentunya mengubah hal yang biasa saja menjadi hal yang sangat indah terlebih sangat istimewa. Terlahir sebagai lagu biasa yang hanya ditujukan untuk merekatkan masyarakat bangsa Indonesia, kini lagu-lagu tersebut sudah bermetamorfosis menjadi lagu kebangsaan yang seolah-olah wajib dikumandangkan saat acara-acara khususnya yang bersifat olahraga di kancah Internasional. Lalu ketika lagu-lagu pop khususnya lagu Garuda di Dadaku bermetamorfosis menjadi lagu kebangsaan, lantas lagu kebangsaan seperti Garuda Pancasila berubah menjadi apa? Kalau kita lihat dari segi syair lagu, kedua nya sama-sama memiliki syair yang berisi dukungan. Seperti misal pada lagu Garuda di dadaku terdapat lirik“…Kobarkan semangatmu, tunjukan sprotivitasmu, ku yakin hari ini pasti menang…”Dan pada lagu Garuda Pancasila terdapat lirik“…Patriot Proklamasi sedia berkorban untukmu…… ayo maju, maju Ayo maju….”Dari kedua lagu yang sama-sama berjudul GARUDA tersebut, kita bisa simak bersama bahwa secara garis besar kedua lagu tersebut mengisyaratkan dukungan, harapan kepada para patriot bangsa ini. Jikalau sudah begitu, mengapa kedua nya tidak dinyanyikan saja oleh para supporter saat mendukung para pahlawan (baca: atlet) kita saat berlaga? Apakah kepopuleran lagu Garuda di Dadaku telah menggeser posisi Garuda Pancasila? Saya tidak mempermasaahkan atau menyalahkan masyarakat yang menyanyikan lagu Garuda di Dadaku. Hanya saja bukankah hal ini pantas untuk kita renungkan secara seksama? Saya pun sempat berfikir, apakah lagu yang dinyanyikan band Netral tersebut sudah dirubah statusnya menjadi lagu Nasional? Faktanya dilansir dari Sport.detik.com, lagu tersebut sempat diajukan untuk diubah statusnya menjadi lagu kebangsaan melalui pemerintah (baca: Kemenpora) namun hingga saat ini, gubrisan tersebut tiada hasilnya.
“Biarin sajalah” ungkap Netral selaku band yang membawakan lagu tersebut. Hal yang dapat saya simpulkan adalah bahwa sebelumnya pernah ada usaha untuk meng-nasional kan lagu Garuda di Dadaku karena dirasa sudah bermetamorfosis. Apakah pemerintah yang dalam hal ini Kemenpora memiliki aturan terkait syarat sebuah lagu bias menjadi lagu Nasional? hal itupun belum diketahui sampai sekarang. Sebelum kita menuju pada sebuah titik terang dimana pertanyaan saya ini menemukan jawabannya, adakah dari pembaca sekalian yang mau membantu saya untuk menjawab bagaimanakah seharusnya lagu-lagu kebangsaan, wajib atau nasional ini agar tetap eksis di hati masyarakat khususnya kawula muda saat event-event besar keolahragaan maupun event yang bersifat mengharumkan nama bangsa berlangsung? Secara pribadi menurut saya, lagu-lagu wajib nasional seolah punah dikarenakan kita sudah jarang menggunakan (baca: menyanyikan) mereka lagi pada event-event dimana semestinya mereka dikumandangkan. *
*. Tulisan dalam kategori OPINI adalah tulisan warga Net. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.
Yuk, beri rating untuk berterima kasih pada penjawab soal!
Editor: Arie Noer Rachmawati
TRIBUNJATIM.COM - Lagu Meraih Bintang merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Via Vallen.
Lagu Meraih Bintang merupakan theme song Asean Games 2018.
Berikut chord gitar Meraih Bintang - Via Vallen.
Termasuk, lirik lagu Meraih Bintang.
Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Cinta Hebat Syifa Hadju dan Angga Yunanda, Selama Masih Ada Hati
Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu To The Bone Pamungkas, Take Me Home Im Fallin, Viral Tiktok Terbaru
Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Sabda Rindu Lyodra, Single Terbaru Trending YouTube, Kunci Mulai Dm
Intro : Em..C..G..D....Em..Setiap saat setiap waktuC..keringat basahi tubuhG..ini saat yang ku tungguD..hari ini ku buktikan.Em..Ku yakin aku kan menangC..hari ini kan dikenangG..semua do'a ku panjatkanD..sejarah ku persembahkan.Reff: Em ..Terus fokus satu titik C ..hanya itu, titik itu G ..tetap fokus kita kejar D ..lampaui batas. Em ..Terus fokus satu titik C ..hanya itu, titik itu G ..tetap fokus kita kejar D ..dan raih bintang.EmYo yo ayo, yo ayoC Gyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Dyo ayo yo yo wo oo...EmYo yo ayo, yo ayoC Gyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Dkita datang, kita lihat, kita menang. Em CKalau menang berpretasi G Dkalau kalah jangan frustasi Em Ckalau menang solidaritas G Dkita galang sportivitas. Em CKalau menang berpretasi G Dkalau kalah jangan frustasi Em Ckalau menang solidaritas G Dkita galang sportivitas
Musik : Em..C..G..D.. Em..C..G..D...Reff: Em ..Harus fokus satu titik C ..hanya itu, titik itu G ..tetap fokus kita kejar D ..dan raih bintang.#)EmYo yo ayo, yo ayoC Gyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Dyo ayo yo yo wo oo...EmYo yo ayo, yo ayoC Gyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Dkita datang, kita lihat, kita menang
Reff: (Featuring #) Em ..Terus fokus satu titik C ..hanya itu, titik itu G D ..tetap fokus kita kejar... Em ..Terus fokus satu titik C ..hanya itu, titik itu G ..tetap fokus kita kejar D ..dan raih bintang.Outro : Em..C..G..D...Capo di Fret 3.Intro : Am..F..C..G...Am..Setiap saat setiap waktuF..keringat basahi tubuhC..ini saat yang ku tungguG..hari ini ku buktikan.Am..Ku yakin aku kan menangF..hari ini kan dikenangC..semua do'a ku panjatkanG..sejarah ku persembahkan.Reff: Am ..Terus fokus satu titik F ..hanya itu, titik itu C ..tetap fokus kita kejar G ..lampaui batas. Am ..Terus fokus satu titik F ..hanya itu, titik itu C ..tetap fokus kita kejar G ..dan raih bintang.AmYo yo ayo, yo ayoF Cyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Gyo ayo yo yo wo oo...AmYo yo ayo, yo ayoF Cyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Gkita datang, kita lihat, kita menang. Am FKalau menang berpretasi C Gkalau kalah jangan frustasi Am Fkalau menang solidaritas C Gkita galang sportivitas. Am FKalau menang berpretasi C Gkalau kalah jangan frustasi Am Fkalau menang solidaritas C Gkita galang sportivitas
Musik : Am..F..C..G.. Am..F..C..G...Reff: Am ..Harus fokus satu titik F ..hanya itu, titik itu C ..tetap fokus kita kejar G ..dan raih bintang.#)AmYo yo ayo, yo ayoF Cyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Gyo ayo yo yo wo oo..
AmYo yo ayo, yo ayoF Cyo yo ayo, yo ayo yo yo ayo Gkita datang, kita lihat, kita menang.Reff: (Featuring #) Am ..Terus fokus satu titik F ..hanya itu, titik itu C G ..tetap fokus kita kejar... Am ..Terus fokus satu titik F ..hanya itu, titik itu C ..tetap fokus kita kejar G ..dan raih bintang.Outro : Am..F..C..G..
Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Chord Kunci Gitar dan Lirik Lagu Meraih Bintang - Via Vallen, Terus Fokus Satu Titik
Simak chord gitar dan lirik lagu lainnya serta berita Jawa Timur terkini.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ahmad Dhani adalah seorang musisi berkebangsaan Indonesia yang telah menciptakan lebih dari 200 lagu sepanjang kariernya di industri musik, baik secara solo ataupun kolaborasi dengan pencipta lagu lain. Dhani pertama kali menciptakan lagu dengan judul "Janji" pada saat di bangku SMA, namun tidak pernah dirilis secara komersial.[1] Lagu ciptaan Dhani yang pertama kali dirilis sebagai singel adalah "Kangen" dari album pertama grup bandnya Dewa 19 pada tahun 1992. Dhani menciptakan sendirian sebagian besar lagu-lagu Dewa 19 yang sudah meluncurkan delapan album studio utuh sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an. Pada beberapa lagu Dewa 19, Dhani turut dibantu oleh rekan sesama anggota band dalam penciptaannya, seperti bersama gitaris Andra Ramadhan pada lagu "Satu Hati (Kita Semestinya)"; "Aku Disini Untukmu" (bersama Wong Aksan); dan "Separuh Nafas", ataupun bersama basis Erwin Prasetya pada lagu "Kirana" dan "Kamulah Satu-Satunya".
Artis pertama di luar Dewa 19 yang menyanyikan lagu ciptaan Dhani adalah Reza Artamevia. Dhani menciptakan dan memproduseri seluruh materi pada dua album pertama Reza, yaitu Keajaiban (1997) dan Keabadian (2000). Dhani yang terbiasa menciptakan lagu-lagu rock untuk Dewa 19, membuktikan ragam kemampuannya pada lagu-lagu Reza yang merupakan solois wanita bergenre R&B. Keajaiban memenangkan penghargaan Album R&B Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 1998. Setelah kesuksesannya dengan Reza, menjelang akhir dekade 1990-an Dhani juga turut menciptakan lagu untuk Anang Hermansyah—baik untuk album solonya ("Kamu Sama Aku Saja" dan "Serindu") ataupun duet dengan Krisdayanti ("Demi Cinta")—Once Mekel ("Anggun"), Tere ("Sendiri"), dan Atiek CB ("Aku Jadi Aku").
Memasuki era 2000-an, Dhani memproduseri seluruh materi pada album Denada berjudul Awal Baru dan menyumbangkan empat lagu ciptaannya. Dhani juga menciptakan dua lagu untuk album pertama Agnes Monica berjudul And the Story Goes (2003); dua lagu untuk album solo kedua Ari Lasso berjudul Keseimbangan (2003); dan tiga lagu untuk album kedua Ratu berjudul No. Satu (2006). Pada pertengahan dekade 2000-an, Dhani mendirikan Republik Cinta Management yang beranggotakan penyanyi seperti Mulan Jameela, Dewi Dewi, MahaDewi, Dewi Perssik, Lucky Laki, yang merekam lagu-lagu baru dari Dhani. Artis lainnya yang pernah menyanyikan lagu-lagu ciptaan Dhani yakni Chrisye, Indah Dewi Pertiwi, dan Regina Ivanova.
Berikut adalah lagu-lagu yang telah dirilis dari Ahmad Dhani, baik yang ia ciptakan sendirian maupun yang dibantu oleh musisi lain (co-write). Lagu-lagu ciptaan Dhani telah banyak dikover atau direkam ulang, sehingga untuk simplifikasi, hanya penyanyi yang merekam pertama kali yang dicantumkan pada daftar ini.
Sudut Pandang Mata Burung
Pada sudut pandang mata burung, maka kita seolah-olah berada di atas dan melihat objek berada di bawah. Jadi, letak garis horizon berada di atas bidang gambar. Sementara itu, letak titik hilang berada pada garis itu, bisa di bagian kiri, tengah atau kanan. Bahkan bisa juga diletakkan di luar bidang gambar. Setiap objek yang digambar, garisnya bersumber dari titik hilang.
Pada sudut pandang normal, diri kita seolah-olah berdiri normal memandang lurus ke depan. Dengan demikian, bagian atas dan bagian bawah terlihat seimbang. Letak garis horizon tepat di tengah-tengah bidang gambar dan titik hilang bisa diletakkan di mana saja pada garis tersebut. Semua objek yang digambar garisnya berasal dari titik hilang.
Sudut Pandang Mata Kucing
Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2024 mulai Senin (15/7) ini hingga Minggu (28/7).
Ada sejumlah pelanggaran yang disasar petugas selama pelaksanaan operasi. Pelanggaran tersebut yakni melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan telepon seluler (ponsel) saat mengemudi, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur (tidak memiliki SIM), dan penertiban parkir liar.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Kemudian, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka atau bahu jalan, kendaraan yang memasang rotator atau sirine tidak sesuai aturan, dan menertibkan kendaraan yang menggunakan pelat nomor palsu.
Lalu, sasaran untuk kendaraan bermotor roda dua adalah tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) serta berboncengan lebih dari satu orang.
Berikut ini rincian lokasi Operasi Patuh Jaya 2024 di Jakarta dan sekitarnya.
1. Sepanjang Jalan Gatot Subroto2. Sepanjang Jl. Sudirman - Thamrin3. Sepanjang Jl. H.R. Rasuna Said
Wilayah Jakarta Utara4. Jl. Raya Cilincing5. Jl. Martadinata6. Jl. Raya Pakin7. Jl. Yos Sudarso
Wilayah Jakarta Pusat8. Jl. Rajawali9. Jl. Sabang10. Tl Jembatan Merah - Gunung Sahari
Wilayah Jakarta Timur11. Jl. D.I Panjaitan12. Jl. Letjen Sutoyo13. Jl. Basuki Rahmat14. Kawasan Banjir Kanal Timur
Wilayah Jakarta Selatan15. Tl. Robinson - Pasar Minggu16. Jl. Fatmawati17. Jl. Ciputat Raya
Wilayah Jakarta Barat18. Jl. Letjen S Parman - Kolong Peninsula19. Sepanjang Jalan Daan Mogot20. Jl. Brigjen Katamso21. Jl. Kemanggisan Raya22. Sepanjang Jl. Daan Mogot
Wilayah Kota Depok23. Jl. Raya Margonda24. Jl. H. IR. Juanda25. Jl. Raya Bogor26. Jl. Kartini27. Jl. Boulevard GDC
Wilayah Tangerang Kota28. Jl. Jenderal Sudirman29. Jl. M.H Thamrin30. Jl. Daan Mogot
Wilayah Tangerang Selatan31. Jl. Raya Serpong32. Jl. Pahlawan Seribu33. Jl. Letnan Sutopo34. Jl. BSD Raya
Wilayah Kota Bekasi35. Jl. Ahmad Yani36. Jl. Sersan Aswan37. Jl. IR. Juanda
Wilayah Kabupaten Bekasi38. Tl. Lippo dan Pertigaan Hyundai39. Tl. SGC; Tl. Perdana40. Tl. Telaga Asih
Wilayah Bandara Soetta41. Jl. Parimeter Utara42. Jl. Parimeter Selatan43. Jl. P144. Jl. P2; Terminal 1,2, dan 345. TOD M1
Wilayah Pelabuhan46. Jl. Pelabuhan47.Jl Baru Pos48. Jl. Banda Pos